Selasa, 23 November 2010

Cara Membuat Perahu Sederhana Menggunakan Pelles C

ini adalah perahu sederhana yang dibuat menggunakan aplikasi Pelles C.













#include

#include

#include

#include

void mulaiOpenGL(void);

int main(void)

{

// mRunning = TRUE, aplikasi masih berjalan

GLuint mRunning = GL_TRUE;

// inisialisasi GLFW

if( glfwInit() == GL_FALSE )

{

MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal menginisialisasi GLFW", "Error!", MB_OK);

return(0);

}

// buat sebuah window yang akan digunakan untuk menggambar.

if( glfwOpenWindow( 640, 480, 0, 0, 0, 0, 24, 0, GLFW_WINDOW ) == GL_FALSE )

{

MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal membuat window", "Error!", MB_OK );

glfwTerminate();

return(0);

}

// Set judul yang ada di window dan Swap interval.

glfwSetWindowTitle( "Praktikum Grafik Komputer LabTI" );

glfwSwapInterval( 1 );

// mulai OpenGL (melakukan setting awal OpenGL)

mulaiOpenGL();

// mulai looping utama program

while( mRunning )

{

// bersihkan layar dan depth buffer

glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT );

glLoadIdentity();

// lakukan penggambaran di sini

//------------------------------------------------------------------------------------

gluLookAt(0,20,55,10,3,0,0,1,0);

glBegin(GL_POLYGON);

glColor3f(10,0,0);

glVertex2f(-6,2);

glVertex2f(-10,5);

glVertex2f(10,5);

glVertex2f(6,2);

glEnd();

glBegin(GL_TRIANGLES);

glColor3f(1,10,15);

glVertex2f(-6,5);

glVertex2f(-6,13);

glVertex2f(6,5);

glEnd();

//------------------------------------------------------------------------------------

// tampilkan ke layar (swap double buffer)

glfwSwapBuffers();

// check input , apakah tombol esc ditekan atau tombol "close" diclick

mRunning = !glfwGetKey( GLFW_KEY_ESC ) && glfwGetWindowParam( GLFW_OPENED );

}

glfwTerminate();

return(0);

}

void mulaiOpenGL(void)

{

// Set viewport ke resolusi 640x480 viewport bisa diibaratkan layar monitor anda

glViewport( 0, 0, 640, 480 );

// Set mode OpenGL ke mode pryeksi (Projection) dan set proyeksi

// menggunakan proyeksi perspective, dengan sudut pandang (Field Of View) 60 derajat

glMatrixMode( GL_PROJECTION );

glLoadIdentity();

gluPerspective( 60.0f, 640.0f/480.0f, 0.1f, 1000.0f );

glMatrixMode( GL_MODELVIEW );

glLoadIdentity();

// Set mode gradasi warna halus (Smooth)

glShadeModel( GL_SMOOTH );

// warna yang digunakan untuk membersihkan layar

glClearColor( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );

// nilai untuk membersihkan depth buffer.

glClearDepth( 1.0f );

// Depth test digunakan untuk menghindari polygon yang tumpang tindih.

glEnable( GL_DEPTH_TEST );

glDepthFunc( GL_LEQUAL );

// beritahu OpenGL untuk menggunakan perhitungan perspective

// yang terbaik (perhitungan ini tidak bisa selalu 100% akurat)

glHint( GL_PERSPECTIVE_CORRECTION_HINT, GL_NICEST );

}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar